Sistem Otomatisasi Jemuran Pakaian dengan Sensor Hujan dan Sensor LDR Berbasis Arduino Uno

Nazaruddin Nasution, Diva Moniva Marpaung, Mulkan Iskandar Nasution

Abstract


Pemanasan global saat ini telah menyebabkan cuaca menjadi kurang menentu, sehingga musim kemarau dan hujan tidak lagi dapat diprediksi. Kondisi cuaca yang tidak menentu dapat mempersulit proses pengeringan pakaian. Oleh karena itu, perlu dirancang sistem otomatisasi penjemuran pakaian berbasis mikrokontroler arduino uno yang menggunakan sensor hujan dan sensor LDR. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat kinerja yang akan menggunakan sistem otomatis untuk mendeteksi apakah ada ada hujan, tidak ada cahaya atau cuaca dalam keadaan mendung. Sistem otomatis berupa jemuran yang menggunakan motor stepper yang akan menarik tali jemuran masuk atau keluar dan pemberitahuan dari DFPlayer Mini. Desain pendeteksian cahaya hujan memiliki 4 status: hujan – siang, cerah – malam, cerah – siang, dan hujan – malam. Dalam setiap kasus, motor stepper menarik tali jemuran masuk atau keluar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem otomatisasi dapat mendeteksi besar curah hujan yaitu 0,1 mm – 817 mm, dan besar intensitas cahaya yaitu 5 Lux – 506 Lux.

Full Text:

PDF

References


Ambarita, E.R, Ir. Porman P., M.T, Ir. Prasetya D.W., ST., MT. 2019. Perancangan Sistem Penggerak Jemuran Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Jurnal Teknik Elektro. Vol. 6 No. 2 : Halaman 2918 – 2925.

Dharmawan, Hari Arief. 2017. Mikrokontroler Konsep Dasar dan Praktis. Malang : UB Press.

Hendrian, Yayan, Yusuf P.Y, Violetta S.P. 2020. Jemuran Otomatis Menggunakan Sensor LDR, Sensor Hujan dan Sensor Kelembaban Berbasis Arduino Uno. Jurnal Teknik Komputer. Vol. VI No. 1 : Halaman 21 – 30.

Irwanto, Endi Permata, Didik Aribowo. 2019. Rancangan Prototype Alat Jemuran Otomatis Menggunakan Sensor Air Dan Sensor Cahaya Berbasis Mikrokontroller Arduino. Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional. Vol. 5 No. 1 : Halaman 133 – 139.

Kahimpong, R.L, Markus Umboh, Benny Maluegha. 2017. Rancang Bangun Penggerak Alat Jemur Pakaian Otomatis Berbasis Arduino Uno ATMega328. Jurnal Teknik Mesin. Vol. 6 No.1 : Halaman 69 – 81.

Siswanto, Deny, Slamet Winardi. 2015. Jemuran Pakaian Otomatis Menggunakan Sensor Hujan dan Sensor LDR Berbasis Arduino Uno. Jurnal NARODROID. Vol. 1 No. 2 : Halaman 66 – 73.

Sujarwata. 2018. Belajar Mikrokontroler B2SX Teori, Penerapan dan Contoh Pemrograman. Yogyakarta : Deepublish Publisher.




DOI: https://doi.org/10.25077/jfu.12.1.124-130.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Published by:

Departemen Fisika, FMIPA Universitas Andalas

Kampus Unand Limau Manis Padang Sumatera Barat 25163

Telepon 0751-73307

Email:jfu@sci.unand.ac.id