Profil Kualitas Air Sumur Akibat Intrusi Air Laut di Kawasan Pantai Air Manis Kota Padang

Nabila Qathrunnada, Dwi Puryanti, Eko Purwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan tingkat pencemaran air sumur akibat intrusi air laut di kawasan Pantai Air Manis melalui pengujian beberapa parameter pencemaran. Pengujian nilai konduktivitas listrik dan Total Dissolved Solid (TDS) dilakukan untuk menentukan tingkat keasinan air sumur. Pengujian Total Suspend Solid (TSS), pH dan temperatur dilakukan untuk mengetahui kualitas air sumur. Nilai konduktivitas listrik yang didapatkan dari 15 sumur berkisar antara 47,33 µS/cm - 719,67 µS/cm dimana nilai ini termasuk kategori air tawar. Dari hasil pengujian TDS, terdapat 2 sampel yang melebihi standar air tawar menurut Panitia Ad Hoc Intrusi Air Asin (PAHIAA) yaitu sampel 1 (1265,5 mg/L) dan sampel 2 (1028 mg/L) dimana lokasi sampel ini sangat dekat dengan pantai di arah barat.  Kecilnya indikasi adanya intrusi air laut dikarenakan lokasi yang dekat dengan perbukitan yang dapat menjadi daerah resapan sehingga air tanah mengalir ke arah laut dengan tekanan tinggi. Hasil pengujian nilai TSS menunjukkan terdapat 1 sampel yang melebihi standar mutu air bersih. Sedangkan berdasarkan hasil pengujian pH dan temperatur, 15 sampel air sumur masih memenuhi standar mutu air bersih. Nilai Indeks Pencemaran (IP) rata-rata air sumur pada lokasi penelitian adalah 0,6050 sehingga dapat dikategorikan dalam kondisi tidak tercemar.

Keywords


Indeks pencemaran, intrusi air laut, kualitas air, pantai air manis

Full Text:

PDF

References


Amri, H., dan Putra, A., 2014, Estimasi Pencemaran Air Sumur Yang Disebabkan Oleh Intrusi Air Laut di Daerah Pantai Tiram Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Jurnal Fisika Unand, Vol. 3, No. 4, hal. 235-241.

Chotimah, S, C., 2017, Pengaruh Tambak Garam Terhadap Kualitas Air Tanah di Kelurahan Polagaan Kabupaten Sampang Madura, Skripsi, Universitas Brawijaya, Malang.

Herdyansah, A., dan Rahmawati, D., 2017, Dampak Intrusi Air Laut pada Kawasan Pesisir Surabaya Timur. Jurnal Teknik ITS, Vol. 6, No. 2.

Ihsan, M. F., Sudarno, S., dan Oktiawan, W., 2017, Kajian Kualitas Air Sumur Gali untuk Wilayah Pedalangan yang Mempunyai Ipal Komunal, Jurnal Teknik Lingkungan, Vol. 6, No. 2.

Maghfirah, A., 2018, Identifikasi Intrusi Air Laut pada Air Tanah di Gampong Alue Naga Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh, Skripsi. Universitas Islam Negri Ar-Raniry, Banda Aceh.

Radityo, D., Alviyanda., Natalia, H, C., Hamdani, A., Huseina, A, A., Denhi, A, D, A., Naufal, R, A., dan Zadah., 2020, Identifikasi Keberadaan Intrusi Air Laut pada Kawasan Pemukiman di Sekitar Pesisir Pantai Daerah Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Teluk Pandan, Journal of Science and Applicative Technology, Vol. 4, No. 2.

Saldy, T, G., dan Zakri, R, S., 2020, Analisis Pergerakan Tanah Kecamatan Padang Selatan Dengan Metode Sistem Informasi Geospasial (SIG), Jurnal Sains dan Teknologi, Vol. 20, No. 2.

Sears, F, W., dan Zemansky, M, W., 1962, Fisika Untuk Universitas, Binacipta., Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.25077/jfu.12.1.144-150.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Published by:

Departemen Fisika, FMIPA Universitas Andalas

Kampus Unand Limau Manis Padang Sumatera Barat 25163

Telepon 0751-73307

Email:jfu@sci.unand.ac.id