Rancang Bangun Sistem Keamanan Tas Berbasis Mikrokontroller Arduino Uno

Muhammad Afif, Rahmat Rasyid

Abstract


Telah dibuat sebuah rancang bangun sistem pengaman tas berbasis mikrokontroller Arduino Uno menggunakan sensor PIR (Passive InfraRed), saklar limit switch, dan fingerprint. Sistem ini berfungsi untuk meminimalisir terjadinya pencurian terhadap isi tas. Kondisi tas dinyatakan dalam tiga variabel keadaan yaitu pendeteksian sidik jari, keadaan resleting tas, dan deteksi infrared. Arduino Uno komponen yang berfungsi sebagai pengolah data utama sistem, lalu buzzer yang digunakan sebagai output dari sistem. Hasil pengujian menunjukkan sistem berfungsi sesuai dengan diagram alir yang dibuat. Fingerprint dapat mendeteksi sidik jari yang yang sebelumnya telah di input, saklar limit switch dapat menentukan tas dalam keadaan terbuka atau tidak, kemudian sensor PIR (Passive InfraRed) dapat mendeteksi pancaran infrared dari manusia. Pengujian terhadap alat telah dilakukan sebanyak 20 kali dan alat dapat dikatakan berhasil.

Keywords


Arduino Uno,Fingerprint, Seneor PIR, Saklar Limit Switch, Sistem Keamanan Tas

Full Text:

PDF

References


Alfitri, Nadia dkk, 2017, Alat Pengaman Koper Menggunakan GPS Berbasis Mikrokontroler Dengan Output SMS, Elektron Jurnal Ilmiah, Vol. 9, No.1, hal 1-6.

Badan Pusat Statistik., 2018, Statistik Kriminal 2018, Badan Pusat Statistik, Jakarta.

Putri, R, F., 2019, Rancang Bangun Alat Pengaman Tas Berbasis Arduino Uno Menggunakan Sensor Getar SW-420 dan LDR Dengan Notifikasi Via SMS, Skripsi, Jurusan Fisika Universitas Andalas, Padang.

Susanto,Mohammad Farid dkk. 2020. Smartbag Dengan Sistem Keamanan Berbasis Arduino, Sensor PIR,dan GPS Melalui SMS.Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National. 26-27 Agustus 2020,Bandung,Indonesia.pp 246-252




DOI: https://doi.org/10.25077/jfu.12.1.151-157.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Published by:

Departemen Fisika, FMIPA Universitas Andalas

Kampus Unand Limau Manis Padang Sumatera Barat 25163

Telepon 0751-73307

Email:jfu@sci.unand.ac.id