Analisis Sensitivitas Dalam Deteksi Homogenitas ROI Pada Pengukuran Kualitas Citra Pesawat CT-Scan

Merly Dwipurnama Sari, Dian Fitriyani, Heru Prasetio

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang analisis sensitivitas dalam deteksi homogenitas ROI pada pengukuran kualitas citra pesawat CT-Scan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh verifikasi metode baru untuk mengevaluasi homogenitas citra CT-Scan dengan cara mencari nilai CT-Number pada 12 titik (posisi arah jam 1 sampai jam 12) dengan analisis 6 area ROI berupa grafik atau histogram serta membandingkan hasilnya dengan metode pada umumnya yaitu pada hasil citra pesawat CT-Scan di area ROI pada posisi arah jam 12, jam 3, jam 6, jam 9 dan pusat fantom sehingga dapat mengetahui tingkat sensitivitas kedua metode tersebut dalam mendeteksi homogenitasnya. Pengambilan data yaitu data sekunder dari hasil citra fantom air pada CT-Scan sebanyak 30 citra yang diperoleh dari Pusat Riset Teknologi Keselamatan, Metrologi dan Mutu Nuklir-Organisasi Riset Tenaga Nuklir-Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRTKMMN-ORTN-BRIN). Hasil pengukuran menunjukkan bahwa nilai keseragaman noise dari 30 data sampel terdapat 21 data sampel memenuhi batas toleransi yaitu ≤ 2 HU. Hasil ini memenuhi standar perka BAPETEN No. 2 Tahun 2018 tentang uji kesesuaian pesawat sinar-X radiologi diagnostik dan intervensional. Perbandingan sensitivitas dalam mendeteksi homogenitas ROI pada pengukuran kualitas citra pesawat CT-Scan menunjukkan bahwa metode ROI pada penelitian ini mampu menghasilkan sensitivitas yang lebih baik dalam mendeteksi homogenitasnya.


Keywords


CT-Scan, CT-Number, ROI dan keseragaman noise.

Full Text:

PDF

References


Akhadi, M., 2000, Dasar-Dasar Proteksi Radiasi, PT. Renika Cipta, Jakarta, Hal. 32-37.

Ghozali, I., 2016, Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23, Edisi 8, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Seeram, E., 2001, Computed Tomography Physical Principle, Clinical Applications, and Quality Control, Second edition, Philadelphia, W.B. Saunders Company.

Sekaran, U., dan Bougie, R.J., 2016, Reserch Methods for Business: A Skill Building Approach, 7th Edition, John Wiley & Sons Inc. New York, USA.

Suyanto, F., 2008. ‘Aplikasi Radiasi Sinar-X di Bidang Kedokteran untuk Menunjang Kesehatan Masyarakat’, Seminar Nasional IV SDM Iptek Nuklir, pp. 503510.

American Assosiation of Physicists in Medicine (AAPM), 2013, Specification and Acceptance Testing of Computed Tomography Scanners, AAPM Report No. 39, Medical Phyisics Publishing, Medison, USA.

American Assosiation of Physicists in Medicine (AAPM), 2002, Quality Control in Diagnostic Radiologi, AAPM Report No. 74, Medical Phyisics Publishing, Medison, USA.

Peraturan Kepala BAPETEN Nomor 2 Tahun 2018 Tentang UJi Kesesuaian Pesawat Sinar-X Radiologi Diagnostik dan Intervensional, viewed January 2021, .




DOI: https://doi.org/10.25077/jfu.12.1.158-163.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Published by:

Departemen Fisika, FMIPA Universitas Andalas

Kampus Unand Limau Manis Padang Sumatera Barat 25163

Telepon 0751-73307

Email:jfu@sci.unand.ac.id