Sistem Otomasi Pengendalian Irigasi dan Pemantauan Lahan Sawah dengan Notifikasi Via Telegram

Wildatul Husna, Wildian Wildian

Abstract


Telah dirancang prototipe sistem otomasi pengendalian irigasi dan pemantauan lahan sawah dengan notifikasi via Telegram. Sistem ini dirancang untuk dilakukan pengembangan sehingga memudahkan petani dalam mengontrol dan memantau kondisi air serta lahan sawah dari jarak jauh. Prototipe dirancang menggunakan sensor water level, motor servo, ESP32-Cam, dan Arduino Uno. Nilai ADC yang dihasilkan oleh sensor water level akan dikonversi menjadi nilai ketinggian air, kemudian data tersebut diproses oleh mikrokontroler Arduino Uno dengan menggunakan bahasa pemograman Arduino IDE. Saat ketinggian air sawah dalam kondisi sangat kering atau melimpah maka notifikasi ketinggian air sawah dan foto lahan sawah akan terkirim ke Telegram petani. Saat ketinggian air sawah dalam kondisi kering, secara otomatis motor servo akan membuka pintu irigasi 1 dan menutup pintu irigasi 2, saat kondisi sawah normal motor servo akan menutup pintu irigasi 1 dan pintu irigasi 2, serta saat kondisi sawah tergenang motor servo akan membuka pintu irigasi 2 dan menutup pintu irigasi 1. Sistem pada prototipe juga dapat dikontrol dari jarak jauh dengan menekan fitur perintah yang tersedia di Telegram petani. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa sensor water level dapat mendeteksi ketinggian air dengan rentang 0-4 cm dan ESP32-Cam dapat terhubung dengan koneksi Wi-Fi dengan jarak maksimum 23 m.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, R. dan Mahpuz, 2018, Perancangan Prototipe Sistem Kontrol Pintu Air Irigasi Berbasis Android dan Jaringan Nirkabel, Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, Vol. 01, No. 2, hal. 115-121.

Alel, C.D. dan Aswardi, 2020, Rancang Bangun Buka Tutup Pintu Air Otomatis pada Irigasi Sawah Berbasis Arduino dan Monitoring Menggunakan Android, Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional, Vol. 06, No. 1, hal. 167-178.

Alfatah, 2016, Prototype Sistem Buka Tutup Otomatis Pada Pintu Air Bendungan Untuk Mengatur Ketinggian Air Berbasis Arduino, Skripsi, Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Candra, A., 2020, Prototype Sistem Kontrol Air Sawah Otomatis Berdasarkan Level Air Berbasis Mikrokontroler ATmega 8535 pada Desa Bontoraja Kabupaten Bulukamba, JEECOM, Vol. 2, No. 1, hal. 22-33.

Dharma, P.L., Tansa, S., Nasibu, I.Z., 2019, Perancangan Alat Pengendali Pintu Air Sawah Otomatis dengan SIM800L Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno, Jurnal Teknik, Vol. 17, No. 1, hal. 40-56.

Fauzan, 2020, Kotak Penerima Paket Berbasis IoT Menggunakan Modul ESP32-Cam, Skripsi, Teknik Informatika UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Fraden, J., 2016, Handbook of Modern Sensors: Physics, Designs, and Applications, Fifth Edition, Springer-Verlag, New York.

Irsyam, M. dan Tanjung, A., 2019, Sistem Otomasi Penyiraman Tanaman Berbasis Telegram, Sigma Teknika, Vol. 2, No. 1, hal. 81-94.

Pratama, A.D., 2017, Kontroler Lengan Robot Menggunakan Motor Servo dan Motor Stepper dengan Masukan 3 Axis, Tugas Akhir, Teknik Elektro Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Sirait, S., Saptomo, S.K., Purwanto, M.Y.J., 2015, Rancang Bangun Sistem Otomatisasi Irigasi Pipa Lahan Sawah Berbasis Tenaga Surya, Jurnal Irigasi, Vol. 10, No. 1, hal. 21-32.




DOI: https://doi.org/10.25077/jfu.12.1.8-14.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Published by:

Departemen Fisika, FMIPA Universitas Andalas

Kampus Unand Limau Manis Padang Sumatera Barat 25163

Telepon 0751-73307

Email:jfu@sci.unand.ac.id