Kajian Distribusi Waktu Efektif Lepas Landas di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar

Authors

  • Hari Triwibowo Universitas Negeri Makassar
  • Jasruddin Jasruddin Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Arsyad Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.25077/jfu.11.4.531-541.2022

Keywords:

Gaya Angkat, Tekanan, Temperatur, Titik Embun, Waktu Efektif

Abstract

Kajian distribusi waktu efektif lepas landas di bandara internasional sultan hasanuddin makassar dilakukan dengan tujuan; 1) menganalisisis rata-rata gaya angkat pesawat boeing B737 MG dan pesawat airbus A320 2) menganalisis korelasi tekanan, temperatur, titik embun terhadap gaya angkat pesawat boeing B737 MG dan pesawat airbus A320 3) menganalisis kecenderungan perubahan tekanan, temperatur dan titik embun terhadap gaya angkat pesawat boeing B737 MG dan pesawat airbus A320 4) menganalisis pengaruh temperatur terhadap waktu efektif lepas landas bagi pesawat boeing B737 MG dan pesawat airbus A320. Data yang digunakan adalah data metar tahun 2016-2020 yang memuat informasi waktu, tekanan, temperatur dan titik embun. Hasil yang diperoleh menunjukkan; 1) Rata-rata gaya angkat mengalami penurunan setelah bulan Juli dan meningkat pada bulan Desember. 2) Korelasi antara temperatur udara dan gaya angkat berada pada rentang (-0.60) – (-1.00). Korelasi antara tekanan udara dan gaya angkat berada pada rentang 0.00-0.399. Korelasi antara titik embun dan gaya angkat berada pada rentang -0.599 – 0.399. 3) Kecenderungan perubahan temperatur dengan gaya angkat menunjukkan hubungan yang berbanding terbalik sedangkan kecenderungan perubahan tekanan dan titik embun terhadap gaya angkat menunjukkan hubungan yang tidak langsung. 4) Peningkatan temperatur membutuhkan gaya angkat yang lebih kecil demikian pula sebaliknya

References

Andrews, Dafid G. 2010. An introduction to atmospheric physics. Cambridge. Cambridge University Press

BMKG, 2004, Buletin Cuaca-November 2014

Fadloli, A. 2013. Studi Pengaruh Suhu dan Tekanan Udara terhadap Daya Angkat Pesawat di Bandara S. Babullah Ternate. Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika. Vol. 1, No. 2 Juli 2013.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. 2012. How to design and evaluate research in education. In McGrow-Hill. https://doi.org/10.1086/393991

Handoyo, S. dan Sudibyo, D. 2010. Aviapedia Ensiklopedia Umum Penerbangan. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara

http://bandaraonline.com/ airport/profil-bandara-internasional-sultan hasanuddin

Indriatmoko, R,H. Wahyu Purwanta.2017. Perubahan Lingkungan dan Strategi Adaptasi Dampak Perubahan iklim di Bandar Udara Hasanuddin, Makassar. Jurnal Teknologi Lingkungan Vol. 18, No 1, Januari 2017, 80-87

Lakitan, B. 1997. Dasar-dasar Klimatolog. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Lubis, M. Mirsal. 2012. Analisis Aerodinamika Arfoil NACA 2412 pada Sayap Pesawat Model Tipe Glider dengan Menggunakan Software Berbasis Computional Fluid Dinamic untuk Memperoleh Gaya Angkat Maksimum. Jurnal EDinamis, Vol. II. No. 2 September 2012

Nastain, & Suroso. 2005. Mekanika fluida.

Peraturan Pemerintah Perhubungan Repoblik Indonesia. 2019. https://jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/permen/2019/PM_39_TAHUN_2019.pdf

Putra, I. D. G. A. 2020. Variasi Suhu Udara, Suhu Titik Embun, dan Tekanan Udara Terhadap Gaya Angkat Pesawat di Bandara Supadio Pontianak Tahun 2016. Megasains, 11(01), 20–23. https://doi.org/10.46824/megasains.v11i01.6

Riduwan, 1997. Dasar–Dasar Statistika, Alfabeta. Bandung.

Saputra, A D., Imam Muthohar, Sigit Priyanto, Magda Bhinnety. 2015. Pengaruh Cuaca Penerbangan terhadap Beban Kerja Mental Pilot. Jurnal Transportasi Vol. 15 No. 3 Desember 2015: 159-168

Saragih, I. J. A., Yonas, B. W., & Rinaldy, N. 2017. Studi Pengaruh Suhu Dan Tekanan Udara Terhadap Operasi Penerbangan Di Bandara Internasional Kualanamu. Prosiding Seminar Nasional Fisika E-Journal, 6, SNF2017-EPA. https://doi.org/10.21009/03.SNF2017.02.EPA.17

Soepangkat. 1994. Pengantar Meteorologi. Jakarta: Badan Pendidkan dan Latihan Meteorologi dan Geofisika.

Soeyitno & Soeharsono.1981. Meteorologi Penerbangan. Jakarta: Badan Diklat Meteorologi dan Geofisika.

Swarinoto, Y. dan Widiastuti, M. 2003. Uji Statistika Terhadap Persamaan Eksperimental Untuk Menghitung Nilai Suhu Udara Permukaan Rata-rata Harian, Jurnal Meteorologi dan Geofisika Vol 3. No.3 Juli-September

Wallace, Jhon M. Hobbs, Peter V. 2006. Atmospheric science an introductory survey. Elsevier.

Winal. 2014. https://winalmuslim.files.wordpress.com/2014/02/korelasi-pearson.pdf

Downloads

Published

2022-10-11

How to Cite

Triwibowo, H., Jasruddin, J., & Arsyad, M. (2022). Kajian Distribusi Waktu Efektif Lepas Landas di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Jurnal Fisika Unand, 11(4), 531–541. https://doi.org/10.25077/jfu.11.4.531-541.2022

Issue

Section

Articles