Perancangan dan Karakterisasi Komponen Mesin Pemotong dan Penggoreng Singkong Otomatis

Inggi Dwi Putri, Harmadi Harmadi, Robi Zulfahri, Yozi Amasda Yude

Abstract


Telah dilakukan perancangan dan karakterisasi komponen mesin pemotong dan penggoreng singkong otomatis. Perancangan mesin terdiri dari perancangan pisau dan bentuk alat. Karakterisasi komponen terdiri dari karakterisasi fotodioda dan laser dot sebagai pendeteksi singkong, karakterisasi motor stepper sebagai pengaduk penggorengan, karakterisasi linear aktuator sebagai pengangkat hasil penggorengan, dan karakterisasi program text to speech sebagai indikator singkong telah masak. Arduino Uno digunakan sebagai mikrokontroller yang mengontrol sistem keseluruhan. Kapasitas mesin yang direncanakan adalah 79,8 kg.menit dengan putaran akhir pisau yang direncanakan adalah 133 rpm dengan kekuatan 1 HP. Fotodioda dapat mendeteksi pada jarak 14 cm, motor stepper berputar sesuai sudut yang deprogram dan linear aktuator dapat mengangkat beban maksimal 800 N. Hasil analisa teknikal mesin menunjukkan bahwa putaran pisau, sistem transmisi, dan sistem elektrikal aman.

Keywords


Mesin Pemotong dan Penggoreng Singkong Otomatis

Full Text:

PDF

References


Anggi Annastiti Widyanti, Ary Permatadeny N, Hisbulloh .A.M. 2020 ‘Perancangan Alat Pemotong Singkong Otomatis’, Seminar Nasional Inovasi Teknologi, UN PGRI Kediri,173–177.

Calsidonita, 2020, Analisis Manajemen Pemasaran Home Industry Rubik Ganepo di Jorong Padang Kandi Nagari VII Koto Talago Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota Berdasarkan Perspektif Ekonoomi Islam, Skripsi, Ekonomi Islam IAIN, Bukittinggi.

Hamrock, Bernard J, Jacobson, Bo O, Schmid, S.R., 2004, Fundamental of machine elements, McGraw Hill Science, USA

Pamungkas S.A., dan Riandadari, S., 2016, ‘Rancang Bangun Mesin Pemotong Singkong Semi Otomatis Dilengkapi Dengan Autowasher’,JRM, 4(1), 1–23.

Steven dan Budijono, A.P., 2015, ‘Rancang Bangun Mesin Penggoreng Kerupuk Pasir Semi Otomatis Dilengkapi Pengatur Suhu’, JRM, 2(3), 53-57.

Sularso (2004) Dasar Perencanaan dan Pemiliohan Elemen Mesin, Pradnya Paramita, Jakarta

Yudha, V. dan Nugroho, N. 2020, ‘Rancang Bangun Mesin Perajang Singkong dengan Pendorong Pegas’, Quantum Teknika : Jurnal Teknik Mesin Terapan, 2(1), 20–26.

Zuhri, M.S., Akbar A., Pramesti, Y.S., 2021, ‘Rancang Bangun Alat 3 In 1 Pengolah Bawang Yang Ergonomi Bagi Home Industry’, Seminar Nasional Inovasi Teknologi, UN PGRI Kediri, 206–211.




DOI: https://doi.org/10.25077/jfu.11.4.435-441.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Published by:

Departemen Fisika, FMIPA Universitas Andalas

Kampus Unand Limau Manis Padang Sumatera Barat 25163

Telepon 0751-73307

Email:jfu@sci.unand.ac.id