Analisis Mikrotremor Menggunakan Metode Horizontal to Vertical Spectral Ratio di Jalur Kereta Api Kota Padang

Authors

  • Nadilla Syarah Jurusan Fisika Universitas Andalas
  • Ahmad Fauzi Pohan Jurusan Fisika Universitas Andalas

DOI:

https://doi.org/10.25077/jfu.11.3.313-319.2022

Keywords:

amplifikasi, frekuensi, HVSR, mikrotremor, PVS

Abstract

Getaran kereta api merupakan salah satu sumber mikrotremor. Getaran ini perlu dianalisis untuk mengetahui dampak terhadap lingkungan di sekitar jalur kereta api. Pengukuran mikrotremor telah dilakukan menggunakan metode horizontal to vertical spectral ratio (HVSR) di jalur kereta api Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik geologi setempat dan tingkat getaran mekanik akibat kereta api pada daerah padat rumah penduduk di sekitar jalur kereta api Kota Padang. Pengukuran dilakukan di 5 titik dengan durasi perekaman 65 menit menggunakan geophone, data logger, dan laptop yang kemudian akan diolah menggunakan software Geopsy. Hasil analisis menunjukkan bahwa daerah penelitian memiliki jenis lapisan sedimen permukaan dengan ketebalan 30 meter atau lebih. Hal ini ditandai dengan nilai frekuensi dominan yang berkisar antara 0,68 Hz – 1,57 Hz. Daerah penelitian memiliki nilai amplifikasi yang berkisar antara 0,9 – 1,29. Getaran kereta api memiliki frekuensi dominan yang berkisar antara 1,24 Hz – 12,24 Hz dan amplifikasi 0,80 – 2,13. Nilai kecepatan partikel yang diperoleh dari nilai PVS berkisar antara 0,1254 mm/s – 0,3158 mm/s. Daerah penelitian dapat dikategorikan aman dari getaran kereta api dikarenakan rendahnya nilai amplifikasi dan nilai PVS yang berada di bawah batas aman menurut SNI 7571:2010.

Author Biographies

Nadilla Syarah, Jurusan Fisika Universitas Andalas

Jurusan Fisika

Ahmad Fauzi Pohan, Jurusan Fisika Universitas Andalas

Jurusan Fisika

References

Afrihansyah, M., (2020), Analisis Getaran Akibat Beban Kereta Api Terhadap Struktur Rel di Atas Lapisan Ballast Menggunakan Alat Sensor Accelerometer dan Seismic Monitoring, Skripsi, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Fadilah, V., (2020), Analisis Getaran Pada Bantalan Rel Akibat Beban Kereta Api Terhadap Struktur Jalan Rel, Skripsi, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Irham, M.N., Zainuri, M., Yuliyanto, G., dan Wirasatriya, A., (2021), Measurement of Ground Response of Semarang Coastal Region Risk of Earthquakes by Horizontal to Vertical Spectral Ratio (HVSR) Microtremor Method, Journal of Physics, Vol. 1943.

Kumar, S., Singh, P., Sushil, R., Singh, P., dan Tiwari, A., (2021), Microtremor Measurement to Evaluate Site Characteristics by Horizontal to Vertical Spectral Ratio Technique in Sikkim, Northeast Himalayas, India, Quaternary International, Vol. 585, Elsevier, pp. 134-142.

Wulandari, A., Suharno, Rustadi, dan Robiana, R., (2018), Pemetaan Mikrozonasi Daerah Rawan Gempabumi Menggunakan Metode HVSR Daerah Painan Sumatera Barat, Jurnal Geofisika Eksplorasi, Vol. 4, No. 1, pp. 31-45.

Downloads

Published

2022-07-01

How to Cite

Syarah, N., & Pohan, A. F. (2022). Analisis Mikrotremor Menggunakan Metode Horizontal to Vertical Spectral Ratio di Jalur Kereta Api Kota Padang. Jurnal Fisika Unand, 11(3), 313–319. https://doi.org/10.25077/jfu.11.3.313-319.2022

Issue

Section

Articles