Analisis Multi-Atribut Dan Jaringan Syaraf Tiruan Dengan Optimasi Filter Untuk Deteksi Patahan Pada Penampang Seismik Lapangan Penobscot Kanada

Yudi Darma, Dwi Pujiastuti

Abstract


Identifikasi patahan merupakan salah satu langkah awal dalam interpretasi seismic dan menjadi komponen penting dalam pengembangan strategi eksplorasi. Deteksi patahan dilakukan dengan metode analisis multi-atribut. Metode ini diterapkan pada data Lapangan Penobscot Kanada. Atribut seismik yang digunakan sebagai data masukan terdiri dari similarity, spectral decomposition, curvature, dip dan semblance. Pickset yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari pickset pada patahan besar dan patahan kecil dengan jumlah pick 400. Data latih yang digunakan pada pelatihan JST adalah penampang seismik pada crossline 1271. Penampang seismik yang digunakan sebagai data uji adalah crossline 1305. Hasil penelitian menunjukan efektifitas yang paling tinggi untuk deteksi patahan dihasilkan pada pelatihan JST dengan kombinasi atribut similarity, spectral decomposition dan semblance. Pelatihan JST pada patahan besar secara visual menghasilkan kualitas deteksi yang lebih baik dibandingkan dengan patahan kecil. Penerapan fault enhancement filter (FEF) menghasilkan penampang seismik yang lebih tajam sehingga mempermudah proses picking dan menghasilkan pelatihan JST yang lebih baik dengan nilai error lebih kecil. Pickset yang sudah dilatih pada crossline 1271 dapat diterapkan pada data uji dengan probabilitas patahan yang makin jelas dan tajam dengan nilai misclassification error 6,98%.

 

Kata kunci: deteksi patahan, jaringan syaraf tiruan, analisis atribut


Full Text:

PDF

References


Badley, M.E., Practical Seismic Interpretation International Human Resource Development Co, 1985.

Cooke, D., dan Cant, J., 2010, Model Based Seismic Inversion Comparing Deterministic and Probabilistic Inversion, https://csegrecorder.com/articles/view-model-based- seismic-inversion-comparing-deterministic-and-probabilistic,diakses Desember 2018.

International Energy Agency, 2017. Global Energy Demand Grew By 2.1% In 2017, an Carbon Emissions Rose For The First Time Since 2014, https://iea.org/newsroom/news/2018/march/global-energy-demand-grew-by-21-in-2017-and-carbon-emission-rose-for-the-first.html, diakses april 2021.

Khasanah, H., Estimasi Penyebaran Porositas Reservoir Sandstone pada Lapangan Eksplorasi Hidrokarbon Penobscot Kanada, Skripsi, Jurusan Fisika, Uuniversitas Jember, 2016.

Koesoemadinata, R.P., Geologi Minyak dan Gas Bumi Jilid 1, Institut Teknologi Bandung, Bandung, 1980.

Lestari, E., Deteksi Patahan Pada Penampang Seismik Lapangan F3 Laut Utara Belanda Menggunakan Analisis Atribut dan Jaringan Syaraf Tiruan, Skripsi, Jurusan Fisika, Unand, Padang, 2017.

Marfurt, K.J., V. Sudhaker, A.G, K.D Crawford, dan S.E Nissen , Coherency calculations in the presence of structural dip, Geophysics, Vol.64, hal.104-111, (1999)

Meldahl, P., dan Heggland, R., Identifying Fault and Gas Chimney Using Multi-Atribute and Neural Network, The Leading Edge, Vol.20.P.1050, (2001)

Thapar, M.R., Seismic Attribute Principal and Application, Petro Skills, 2004, hal.73-123.

Tingdahl, K.M., dan Rooisj, M., Semi-Automatic Detection of Faults in 3D Seismic Data, Geophysical Prospecting, hal,533-542, (2005).

Whitecombe, D.N dan Fletcher, J.G., The AIGI Crossplot as an Aid to AVO Analysis and Calibration Pada : SEG Int'l Exposition and Annual Meeting, San Antonio, Texas 9-14 September, Texas, 2001.

Zhang, Bo., Liu, Y., Pelissier, M. dan Hemstra, N., Semi-Automatical Fault Interpretation Based On Seismic Attributes, Interpretation, Trans Tech Publication, Switzerland, (2013).

Zheng, Z., Kavousi, P., dan Di,H., Multi-Attribute and Neural Network-Based Fault Detection in 3D Seismic Interpretation, Trans Tech Publication, Switzerland, (2013).




DOI: https://doi.org/10.25077/jfu.10.3.364-370.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Published by:

Departemen Fisika, FMIPA Universitas Andalas

Kampus Unand Limau Manis Padang Sumatera Barat 25163

Telepon 0751-73307

Email:jfu@sci.unand.ac.id