Pengaplikasian Alat Ukur Tinggi, Berat Badan, dan Penentuan Status Gizi pada Balita Berbasis ESP32 WROOM 32 melalui Telegram

Diana Rahmi Adrian, Harmadi Harmadi

Abstract


Balita merupakan usia yang peka terhadap pertumbuhan dan perkembangan atau disebut juga dengan usia emas. Pertumbuhan dan perkembangan Balita dapat diketahui dengan pemantauan secara berkala status gizi berdasarkan usia, berat badan, dan tinggi badan. Ketidakseimbangan tumbuhkembang pada usia Balita dapat mengakibatkan efek jangka pendek dan jangka panjang mulai dari penurunan sistem kekebalan tubuh, kerusakan otak hingga dapat mengidap penyakit degeneratif saat dewasa. Telah dirancang alat ukur tinggi badan, berat badan, dan penentuan status gizi pada Balita berbasis Mikrokontroller ESP32 WROOM 32 melalui Telegram. Sensor yang digunakan pada penelitian ini adalah Ultrasonik HC-Sr04 dengan ketelitian 97,47% untuk mengukur tinggi badan Balita dan Load cell 40 kg dengan ketelitian 99,61% untuk mengukur berat badannya. Berdasarkan data input identitas (Id), usia, dan jenis kelamin serta data yang diukur oleh sensor menghasilkan keluaran berupa status gizi. Alat ini dapat mengukur tinggi, berat badan, dan menentukan status gizi Balita usia 1-5 tahun. Alat ukur ini sudah dapat menentukan status gizi Balita berdasarkan Berat Badan menurut Umur (BB/U), Tinggi Badan menurut Umur (TB/U), dan Tinggi Badan menurut Berat Badan (TB/BB) yang tampil pada TFT LCD dan Telegram Bot.  Pengukuran ini dilakukan pada enam orang Balita. Hasil dari pengukuran ini semua Balita memiliki status gizi kategori BB/U dan TB/BB dengan status normal namun pada kategori TB/U lima Balita berstatus gizi normal namun satu diantaranya memiliki status gizi kategori TB/U dengan status pendek berdasarkan Grafik Pertumbuhan Anak (GPA).

Keywords


Balita; status gizi; tinggi badan; berat badan

Full Text:

PDF

References


Agusli, R., Tullah, R., & Karisma, N. (2021). ‘Alat Ukur Tinggi dan Berat Badan Berbasis Arduino Uno’. Academic Journal of Computer Science Research, Vol. 3, no. 1, pp. 26-31.

Ariani, 2017, Ilmu Gizi, Nuha Medika, Yogyakarta.

Bagus, R., Lanny A., & Diana L., 2019, ‘Alat Ukur Timbangan Badan Dan Tinggi Badan Otomatis Berbasis Arduino Dengan Output Suara’, Jurnal Scientific Widya Teknik, Vol. 18, no. 2, pp. 77-83.

Cahyono, T. H. A., & Eko A. S., 2018, ‘Alat Ukur Berat Badan, Tinggi Badan, dan Suhu Badan di Posyandu Berbasis Android’, Jurnal ELINVO Vol. 3, no. 1, pp. 31-38.

Jatmika, A. W., Imam A. R, & Solekhan., 2021, ‘Rancang Bangun Alat Ukur Berat dan Tinggi Badan Bayi Umur 1-12 Bulan di Posyandu Berbasis Web’, Jurnal ELKON, Vol. 01, no. 01, pp. 25-34.

Maulana, D. R., Tatang R., & Adi R. P., 2021, ‘Alat Ukur dan Pencatana Otomatis Tinggi dan Berat Badan Balita Berbasis Arduino’, Jurnal Scientific for Information, Vol. 2, No. 1, pp. 191-196.

Salung, A. A., Hurriyatul R, & Dahnial S., 2021, ‘Alas Kaki Penimbang Berat Badan dengan Berjalan berbasis Sensor Load Cell dan Metode Regresi Linier’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 5, no. 9, pp. 4052-4060.

Sujadi, H. & Tomy Y., 2018, ‘Rancang Bangun Sistem Pengukur Tinggi Badan Otomatis Menggunakan Microcontroller Arduino Uno R3 Dan Sensor Ultrasonic Hc-Sr04 Berbasis Android’. Proseding seminar nasional teknologi informasi Universitas Ibn Khaldun, Bogor.

TNP2K, 2017, 100 Kabupaten/Kota Prioritas Untuk Intervensi Anak Kerdil (Stunting), Sekretariat Wakil Presiden R. I., Jakarta Pusat.

Widodo, A. E., Saputra, A. Q., & Suleman., 2018, ‘Pembuatan Alat Pengukur Tinggi dan Berat Badan berbasis Mikrokontroller ATMEGA8’. Jurnal Evolusi, Vol. 6, no. 1, pp. 85–90.




DOI: https://doi.org/10.25077/jfu.13.1.82-88.2024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Published by:

Departemen Fisika, FMIPA Universitas Andalas

Kampus Unand Limau Manis Padang Sumatera Barat 25163

Telepon 0751-73307

Email:jfu@sci.unand.ac.id