Identifikasi Potensi Air Tanah Menggunakan Metode Seismik Refraksi Di Nagari Katialo Kabupaten Solok

Aviva Fajriati, Afdal Afdal, Ahmad Fauzi Pohan

Abstract


Telah dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi potensi air tanah di Nagari Katialo Kabupaten Solok dengan menggunakan metode seismik refraksi. Data diambil dari dua lintasan dengan panjang masing-masingnya adalah 40 meter dan 35 meter. Pengolahan data menggunakan formulasi water seismic index (WSI). WSI digunakan dengan memanfaatkan gelombang sekunder sebagai indikator adanya air di bawah permukaan. Nilai indeks yang didapat pada penelitian ini adalah 0,8-1,2 yang menunjukkan keberadaan akuifer. Interpretasi data di daerah tersebut menunjukkan hasil bahwa lapisan bawah permukaan terdiri dari lapisan tanah atas yang terdiri dari kerikil dan dry sand, lapisan lempung, pasir yang bersifat meloloskan air dan pasir basah. Lapisan akuifer berada pada kedalaman 4–16 m dan 4-14 m yang dikategorikan sebagai akuifer dangkal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nagari Katialo Kabupaten Solok memiliki potensi air tanah. 

Keywords


Akuifer, Gelombang Sekunder, Nagari Katialo, Seismik Refraksi, Water Seismic Index

Full Text:

PDF

References


Ali, N., Saad, R., Saidin, M. M., & Nordiana, M. M., 2012, ‘Applying Seismic Refraction Method in Depicting Geological Contact’, International Conference on Geological and Environmental Sciences, 36, 59–63.

Grelle, G. dan Guadagno, F. M., 2009, ‘Seismic Refraction Methodology For Groundwater Level Determination: "Water Seismic Index"’, Journal of Applied Geophysics, Vol. 3, No. 68, hal.

-320.

Naryanto, H.S., Khaerani, P., Trisnafiah, S., Shomim, A.F., Wisyanto dan Tejakusuma, I.G., 2020, ‘Identifikasi Potensi Airtanah untuk Kebutuhan Penyediaan Air Bersih dengan Metode Geolistrik: Studi Kasus di Kawasan Geostech, Puspiptek Serpong’, Jurnal Teknologi

Lingkungan, Vol. 21, No. 2, hal 204-212.

Nugroho, B.W., 2015, ‘Spatial Analysis of Surface Aquifer Thickness Based Frequency Predominan in Bantul District’. BMKG Stasiun Geofisika Yogyakarta, Yogyakarta.

Pesma, R.A., Erlangga, M.P., Putri, I.A., dan Antosia, R.M, 2020, ‘Prediksi Lapisan Akuifer dengan Menggunakan Metode Seismik Refraksi di Desa Jatimulyo, Kecamatan Jati Agung, Lampung

Selatan’, Jurnal Geofisika Eksplorasi, Vol. 6, No.2, hal 91-100

Raharjo, S. A., 2002, ‘Analisis Kecepatan Perambatan Gelombang Bias pada Medium dan Faktor Kualitas Medium di Lereng Barat Gunung Merapi’, Skripsi, Universitas Gajah Mada.

Refrizon, Suwarsono, & Natalia, K., 2009, ‘Visualisasi Struktur Bawah Permukaan dengan Metode Hagiwara’, Jurnal Gradien.

Retnaningtyas, R.A.D, 2016, ‘Investigasi Zona-Zona Akuifer Di Daerah Baban Kecamatan Silo Kabupaten Jember Dengan Menggunakan Metode Seismik Refraksi’, Skripsi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember, Jember.

Safrima, I., Pujiastuti, D., dan Pohan, A.F., 2021, ‘Pemodelan Kedalaman Air Tanah pada Zona Sulit Air Bersih Desa Sijantang Kota Sawahlunto Menggunakan Formulasi Water Seismic Index’, Jurnal Fisika Unand, Vol. 10, No.2, hal 177-183.

Suprayogi, S., Purnama, S., Agniy, R.F., dan Cahyadi, A., 2016, ‘Potensi Airtanah Statis Di Daerah Tangkapan Air Goa Pindul Kabupaten Gunungkidul’, Prosiding Seminar Nasional Geografi Lingkungan I, Fakultas Geografi UGM Yogyakarta.

Syafitri, M.N., 2019, ‘Pemodelan Kecepatan Gelombang Geser Sampai Kedalaman 30 Meter (Vs30) menggunakan Metode Horizontal Vertical Time Frequency Analysis (HVTFA)’, Skripsi, Jurusan Fisika, Universitas Brawijaya.

Telford, W., Geldart, P., Shreiff, E. dan Keys, A., 1990, ‘Apllied Geophysics Second Edition’, Cambridge University Press, Cambridge.

Zelt, Azaria, A.C., dan Lavender, A.A., 2006, ‘3D Seismic Refraction Traveltime Tomography At Groundwater Contamination Site’, Geophysics, vol. 58, no.9, hal 1314-1323




DOI: https://doi.org/10.25077/jfu.11.2.256-262.2022

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Published by:

Departemen Fisika, FMIPA Universitas Andalas

Kampus Unand Limau Manis Padang Sumatera Barat 25163

Telepon 0751-73307

Email:jfu@sci.unand.ac.id