Rancang Bangun Sistem Otomatisasi Lampu Belajar Menggunakan Sensor PIR dan Sensor Load Cell Berbasis Mikrokontroler Arduino

Iqamatulhaq Rakayama, Nini Firmawati

Abstract


Telah dilakukan rancang bangun sistem otomatisasi lampu belajar menggunakan sensor Passive Infrared dan sensor Load Cell berbasis mikrokontroler Arduino untuk mengontrol nyala lampu belajar secara otomatis. Sistem dilengkapi dengan pendeteksi sinar inframerah dari tubuh manusia menggunakan sensor Passive Infrared (PIR) dan penimbang berat badan menggunakan sensor Load Cell, Relay untuk mengontrol arus listrik pada lampu, dan RF433 sebagai komunikasi antar rangkaian. Sistem ini juga bekerja berbasis Arduino sebagai mikrokontroler. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sensor PIR memiliki jarak pembacaan maksimal 6m dan sudut pembacaan maksimal 70o ke kiri dan kanan. Sensor Load Cell dapat menimbang berat badan secara akurat dengan persentase kesalahan 0.61%. Rangkaian keseluruhan pada sistem ini dapat bekerja dengan baik sesuai dengan program perangkat lunak yang dimasukkan, yaitu lampu akan menyala jika sensor keluaran sensor PIR 1 (HIGH) dan berat badan yang dideteksi sensor Load Cell lebih dari 15kg. Sebaliknya alat tidak akan bekerja dan lampu tidak akan menyala jika keluaran dari masing-masing sensor tidak sesuai dengan logika pemrograman.


Keywords


Lampu Belajar, Relay, RF433, PIR, Load Cell

Full Text:

PDF

References


Maharmi, B., Kardova, T., Ermawati, 2018, “Analisa Konsumsi Energi Listrik Rumah Dengan Kendali Otomatis”, Jurnal Sain, Energi, Teknologi, dan Industri, Vol.2, No.2, Jur. Teknik Elektro STTP, hal. 37-43.

Jaya, H., Ramadhan, M., 2018, “Rancang Bangun Lampu Belajar Otomatis Dengan Menggunakan Sensor Ultrasonic Berbasis Arduino”, Jurnal SAINTIKOM, Vol.17, No.2, Program Studi Teknik Komputer STMIK Triguna Dharma, hal. 206-210

Iqbal, 2019, “Sistem Kontrol Nyala Lampu Otomatis Dengan Menggunakan Sensor Gerak Pada Ruang Belajar Berbasis Arduino”, Skripsi, Program Studi Teknik Elektro, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Dewantara, Sasmoko, P., 2015, “Alat Penghitung Berat Badan Manusia Dengan Standart Body Mass Index (BMI) Menggunakan Sensor Load Cell Berbasis Arduino Mega 2560 R3”, Gema Teknologi, Vol.16, No.3, Program Studi Diploma III Teknik Elektro, hal. 100-104.

Mujiati, S., Triwinarto, A., Utami, N., Hermina, 2016, “Gambaran Median Tinggi Badan dan Berat Badan Menurut Kelompok Umur Pada Penduduk Indonesia yang Sehat Berdasarkan Hasil Riskesdas 2013”, Penelitian Gizi dan Makanan, Vol.39, No.2, Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementrian Kesehatan RI, hal. 137-144.

Kementrian ESDM, 2011, Pemborosan Energi 80 Persen Faktor Manusia, esdm.go.id/en/media-center/news-archives/pemborosan-energi-80-persen-faktor-manusia., diakses 7 Juli 2021.




DOI: https://doi.org/10.25077/jfu.11.2.228-234.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Published by:

Departemen Fisika, FMIPA Universitas Andalas

Kampus Unand Limau Manis Padang Sumatera Barat 25163

Telepon 0751-73307

Email:jfu@sci.unand.ac.id