Karakteristik Sistem Awan Konvektif Cumulonimbus Berbasis Radar Cuaca C-Band di Sekitar Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar

Nabilla Akhirta, Eko Hadi Sujiono, Pariabti Palloan

Abstract


Sistem konvektif Cumulonimbus merupakan kumpulan awan yang terdiri dari awan Cumulonimbus dan awan awan lain yang membentuk sebuah sistem, yang dapat menimbulkan cuaca signifikan. Karakteristik fisis dan dinamis Cumulonimbus diperoleh menggunakan radar cuaca C-Band pada musim peralihan dan musim hujan September hingga Februari 2016 – 2022, berpusat pada radius 150 km di sekitar Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Sembilan tipe morfologi sistem konvektif meso-β ditemukan dengan panjang awan 20-220 km dan panjang rata-rata awan 65 km. Sistem konvektif dominan membentuk sistem linier. Morfologi yang paling banyak terbentuk adalah sistem linier Trailing Stratiform, dan sistem seluler Cluster of Cells. Pada musim peralihan, inisiasi Cumulonimbus dominan di dataran tinggi dan pada musim hujan inisiasi dominan di laut pesisir. Secara umum Cumulonimbus matang di laut pesisir pada siang hari. Cluster of Cells dan Bow Echo adalah sistem yang paling aktif di darat, dengan windshear yang relatif lebih kuat dari semua sistem konvektif. Sistem sebagian besar berpropagasi dengan lambat. Vertical wind shear paling besar terjadi pada lapisan 0,3 – 2 km. Verifikasi dari media massa dan laporan pilot menunjukkan bahwa Cumulonimbus dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi dan mengganggu penerbangan.

Keywords


awan; sistem konvektif; cumulonimbus; radar cuaca tropis

Full Text:

PDF

References


Barnes, G. M., & Sieckman, K. (1984). The environment of fast- and slow-moving tropical mesoscale convective cloud lines. In Monthly Weather Review (Vol. 112, Issue 9, pp. 1782–1794).

BNPB. (2021). Infografis. https://bnpb.go.id/infografis

Chaudhari, H. S., Sawaisarje, G. K., Ranalkar, M. R., & Sen, P. N. (2010). Thunderstorms over a tropical Indian station, Minicoy: Role of vertical wind shear. Journal of Earth System Science, 119(5), 603–615.

Gallus, W. A., Snook, N. A., & Johnson, E. V. (2008). Spring and summer severe weather reports over the midwest as a function of convective mode: A preliminary study. Weather and Forecasting, 23(1), 101–113.

Houze Jr, R. A. (2004). Mesoscale convective systems. Reviews of Geophysics, 42(4).

ICAO. (2005). 9817. Manual on Low-Level Wind Shear, GAIN Operator’s Flight Safety Handbook (Cabin Safety Compendium Chapter 2.9 Turbulence).

Lombardo, K. A., & Colle, B. A. (2010). The spatial and temporal distribution of organized convective structures over the Northeast and their ambient conditions. Monthly Weather Review, 138(12), 4456–4474.

Lombardo, K. A., & Colle, B. A. (2012). Ambient conditions associated with the maintenance and decay of quasi-linear convective systems crossing the northeastern U.S. coast. Monthly Weather Review, 140(12), 3805–3819.

Pettet, C. R., & Johnson, R. H. (2003). Airflow and precipitation structure of two leading stratiform mesoscale convective systems determined from operational datasets. Weather and Forecasting, 18(5), 685–699.

SKYbrary. (2016). Weather Radar: Storm Avoidance. https://www.skybrary.aero/index.php/Weather_Radar:_Storm_Avoidance

Trapp, R. J., Tessendorf, S. A., Godfrey, E. S., & Brooks, H. E. (2005).

Tornadoes from squall lines and bow echoes. Part I: Climatological distribution. Weather and Forecasting, 20(1), 23–34.

Wallace, J. M., & Hobbs, P. V. (2006). Atmospheric science: an introductory survey (Vol. 92). Elsevier.

Wardoyo, E. (2015). Radar Meteorologi - Pengantar Aplikasi Radar Cuaca.




DOI: https://doi.org/10.25077/jfu.12.4.568-576.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Published by:

Departemen Fisika, FMIPA Universitas Andalas

Kampus Unand Limau Manis Padang Sumatera Barat 25163

Telepon 0751-73307

Email:jfu@sci.unand.ac.id