Rancang Bangun Sistem Pemutus Arus Listrik Berdasarkan Pemantauan Ketinggian Banjir di Perumahan dan Notifikasinya Via Telegram

Reza Fadhreane, Wildian Wildian

Abstract


Telah dirancang sistem pemutus arus listrik otomatis berdasarkan deteksi ketinggian banjir di perumahan dan notifikasinya via Telegram untuk menghindari terjadinya korsleting listrik. Sistem ini dirancang agar masyarakat pengguna dapat mengetahui kondisi keamanan listrik di rumahnya pada saat terjadi banjir. Sistem ini terdiri dari sensor ultrasonik HC-SR04 untuk mendeteksi ketinggian air, motor servo untuk menggerakkan tombol on/off MCB, buzzer untuk peringatan awal sebelum listrik dimatikan, modul mikrokontroler NodeMCU ESP8266 untuk mengendalikan sistem dan mengirimkan informasi ke smartphone pengguna melalui aplikasi Telegram. Hasil pengukuran, analisis, dan uji coba yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sistem dapat berfungsi dengan baik untuk memutuskan arus pada saat ketinggian banjir mencapai nilai yang ditentukan, yaitu 3 cm. Buzzer akan berbunyi ketika ketinggian air di dalam rumah mencapai 2 cm, dan pengguna akan mendapatkan notifikasi dari Telegram bahwa listrik akan dimatikan. Sistem ini belum dirancang untuk menyalakan kembali aliran listrik ketika air telah surut di bawah 3 cm.

Keywords


banjir, sensor ultrasonik, pemutus arus, Telegram

Full Text:

PDF

References


Hayusman, L.M. (2020), Dasar Instalasi Tenaga Listrik, Deepublish, Yogyakarta.

Irsyam, M. dan Tanjung, A. (2019), “Sistem Otomasi Penyiraman Tanaman Berbasis Telegram”, Sigma Teknika, Vol. 2 No. 1, hal. 81–94.

Kasau, M.I. dan Irsal. (2019), “Perancangan Model Sistem Pencegah Hubung Pendek Listrik Ketika Terjadi Banjir Menggunakan Sensor Elektroda”, Prosiding Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, Vol. 8, Makassar, hal. 232–242.

Kurniawan, N.A.R. (2020), Rancang Bangun Alarm Pendeteksi Banjir Menggunakan NodeMCU Berbasis Telegram Bot, Universitas Semarang.

Mulyana, I.E. dan Kharisman, R. (2014), “Perancangan Alat Peringatan Dini Bahaya Banjir dengan Mikrokontroler Arduino Uno R3”, Creative Information Technology Journal, Vol. 1 No. 3, hal. 171–182.

Pahrul, M.H., Erwansyah, K. dan Rizky, F. (2020), “Implementasi Internet of Things ( Iot ) Pada Alat Pendeteksi Level Ketinggian Air di Hulu Sungai Sebagai Peringatan Dini Banjir Menggunakan Node MCU”, Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer, Vol. x No. x, hal. 1–9.

Stevani, N. (2019), “Rancang Bangun Sistem Peringatan Banjir Berbasis Arduino dengan Sensor Ultrasonik pada Daerah Rawan Banjir Kabupaten Kuantan Singingi”, Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, dan Komputer, Vol. 2 No. 1, hal. 136–143.

Tamsir, N. dan Hasriani. (2016), “Alat Pendeteksi Level Ketinggian Air dan Pemutus Korsleting Listrik Berbasis Mikrokontroler”, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, Yogyakarta, hal. 1–6.

Umari, C., Anggraini, E. dan Muttaqin, R.Z. (2017), “Rancang Bangun Sistem Peringatan Dini Banjir Dengan Sms Berbasis Mikrokontroller”, Jurnal Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Vol. 4 No. 2, hal. 35–42.

Windiastik, S.P., Ardhana, E.N. dan Triono, J. (2019), “Perancangan Sistem Pendeteksi Banjir Berbasis Iot (Internet of Thing)”, Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), Malang, hal. 1925–1931.




DOI: https://doi.org/10.25077/jfu.12.3.430-436.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Published by:

Departemen Fisika, FMIPA Universitas Andalas

Kampus Unand Limau Manis Padang Sumatera Barat 25163

Telepon 0751-73307

Email:jfu@sci.unand.ac.id