Rancang Bangun Alat Pembersih Kotoran dan Pembersih Pakan Kucing Berbasis Modul Arduino Uno R3 Menggunakan Sensor Load Cell dan Sensor Inframerah

Murwani Farda Rianti, Wildian Wildian

Abstract


Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang populer sebagai hewan peliharaan. Perawatan yang baik dibutuhkan agar kucing tetap sehat dan tidak menjadi sumber penyakit. Pemberian pakan dan pembersihan kotoran kucing merupakan dua kegiatan rutin yang semestinya menjadi perhatian, namun sering terabaikan karena kesibukan pemiliknya. Dalam studi ini telah dirancang suatu prototipe  kandang kucing yang dilengkapi alat pembersih kotoran dan pemberi pakan kucing secara otomatis. Kotoran kucing dibuang menggunakan penyapu (yang digerakkan oleh motor servo) setelah mencapai berat tertentu (yang dideteksi menggunakan sensor load cell). Pakan kucing diberikan melalui saluran yang akan terbuka dan tertutup secara otomatis (yang digerakkan oleh motor servo) berdasarkan pendeteksian ada-tidaknya pakan oleh sensor inframerah. Rentang jarak pengindraan sensor infrared terhadap adanya penghalang pada penelitian ini adalah antara 3 cm hingga 43 cm. Load cell yang digunakan memiliki batas kemampuan penginderaan hingga 5 kg dengan keakuratan hingga 99,73%. Sistem secara keseluruan dikendalikan berdasarkan program yang ditanamkan di mikrokontroler ATMega328p pada modul Arduino Uno R3

Keywords


Kotoran kucing, Pemberi pakan, sensor inframerah sensor load cell, Arduino Uno R3

Full Text:

PDF

References


Febriansyah, Sulistyo, Aulia, L. (2016), “Rancang Bangun Kandang Pintar Untuk Hewan Peliharaan Kucing”, Jurnal Teknik Elektro & Informatika, Vol. 4, pp. 1–5.

Juliadilla, R. and Hastuti H., S.C. (2019), “Peran Pet (Hewan Peliharaan) Pada Tingkat Stres Pegawai Purnatugas”, Jurnal Psikologi Integratif, Vol. 6 No. 2, p. 153.

Rahmat, B.F., Fatihana, D., Hadiarto, R. and Basjaruddin, N.C. (2017), “Sistem Pembersih Kotoran Kandang Ayam Otomatis Berbasis Mikrokontroler”, 9th Industrial Research Workshop and National Seminar, pp. 140–143.

Safira, A., Putri, A., Rasyid, A., Purwandi, A.W., Digital, J.T., Elektro, T. and Malang, P.N. (2019), “Smart Cat Home Dengan Sistem Kontrol Yang Menggunakan”.




DOI: https://doi.org/10.25077/jfu.11.2.221-227.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Fisika Unand

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Published by:

Jurusan Fisika, FMIPA Universitas Andalas

Kampus Unand Limau Manis Padang Sumatera Barat 25163

Telepon 0751-73307

Email:jfu@sci.unand.ac.id