Analisis Kecepatan Gelombang Primer dan Sekunder Pada Batuan Gunung Api di Sekitar Daerah Kabupaten Solok Selatan

Nofriza Hastuti, Ardian Putra

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang pengukuran kecepatan gelombang primer dan sekunder pada sampel batuan gunung api di sekitar daerah Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kecepatan gelombang primer dan sekunder dari sampel batuan. Sampel batuan diambil pada 12 titik daerah di Kabupaten Solok Selatan dengan masing-masing titik diambil sebanyak 3 buah sampel batuan. Sebelum dilakukan pengukuran kecepatan gelombang primer dan sekunder, batuan diprepasi terlebih dahulu dengan memotong batuan menggunakan alat gerinda batu. Pengukuran kecepatan gelombang primer dan sekunder dilakukan dengan menggunakan alat sonic wave analyzer (SOWAN). Hasil pengukuran menunjukkan bahwa batuan yang diambil di daerah Kabupaten solok selatan merupakan  batuan beku andesit dan basalt. Daerah penelitian dibagi menjadi dua zona yakni daerah yang dekat dengan manifestasi panas bumi dan daerah yang cukup jauh dari manifestasi panas bumi. Pada penelitian perbedaan karakteristik batuan pada dua zona daerah ini terdapat pada nilai kecepatan gelombang primer dan sekunder yang merambat pada batuan. Batuan yang memiliki kecepatan gelombang primer dan sekunder yang paling besar merupakan batuan yang berada cukup jauh dari daerah manifestasi panas bumi sementara itu batuan di daerah yang dekat manifestasi panas bumi memiliki kecepatan gelombang primer dan sekunder yang lebih kecil.

Keywords


Andesit, Basalt, Panas Bumi, Sonic Wave Analyzer

Full Text:

PDF

References


ESDM, K. (2017), Potensi Energi Panas Bumi Indonesia. Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Irfan, M. (2006), ‘Kajian Teoritis Untuk Mencari Hubungan Antara Konduktivitas Panas Dengan Kecepatan Gelombang Elastik Pada Batuan’, Jurnal Penelitian Sains, pp. 35–41.

Noor, J. (2014), Pengantar Geologi. Sleman: CV Budi Utama.

Nurwidianto, M. I. ., Noviyanti and Widodo (2005) ‘Estimasi Hubungan Porositas dan Permeabilitas Pada Batu Pasir’, Jurnal Fisika, 4.

Puspitasari, L. (2012), ‘Analisis Kecepatan Gelombang Mekanik Kompressi P (Vp) Pada Batuan Sedimen Dengan Memanfaatkan Science Workshop 750 Interface’, Unnes Physics Journal, 1(1), pp. 1–4.

Putri, S. A., Putra, A. and Abdurrachman, M. (2018), ‘Studi Petrografi Batuan Beku dan Sinter Silika di Kecamatan Alam Pauh Duo, Kabupaten Solok Selatan’, Jurnal Fisika Unand, 7(4), pp. 320–327.

Rieshapsari, A. M. et al. (2020), ‘Potensi Sumber Daya Mineral Logam dan Non Logam Di Provinsi Sumatera Barat’, Jurnal Georafflesia, 5(1), pp. 87–95.

Schmid, R. (1981), ‘Descriptive nomenclature and classification of pyroclastic deposits and fragments - Recommendations of the IUGS Subcommission on the Systematics of Igneous Rocks’, Geologische Rundschau, 70(2), pp. 794–799.

Spera, J. . (2000), Physical Properties of Magma, Encyclopedia of Volcanoes. University of California.

Sutopo, S. (2007), ‘Studi Faktor Kualitas (Q-Factor) Gelombang Kompresi (P-Wave) pada Batuan Sedimen Dangkal’, Jurnal Penelitian Sains.

Yuliandini, A. and Putera, A. (2013), ‘Pengaruh Formasi Batuan Terhadap Karakteristik Hidrokimia Lima Sumbermata Air Panas Di Daerah Sapan, Pinang Awan, Kecamatan Alampauah Duo, Kabupaten Solok Selatan’, Jurnal Fisika Unand, 2(4), pp. 212–219.




DOI: https://doi.org/10.25077/jfu.11.1.119-125.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Fisika Unand

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Published by:

Jurusan Fisika, FMIPA Universitas Andalas

Kampus Unand Limau Manis Padang Sumatera Barat 25163

Telepon 0751-73307

Email:jfu@sci.unand.ac.id