Sistem Otomasi Pengisi dan Pembersih Tempat Air Minum Ayam Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno

Nelvi Wardani, Nini Firmawati

Abstract


Telah dirancang sistem otomasi pengisi dan pembersih tempat air minum ayam berbasis mikrokontroler Aduino Uno. Sistem ini meggunakan sensor pH E201-C sebagai pengukur pH air minum ayam, dua pompa air mini sebagai pengisi dan penguras tempat air minum ayam, sensor ultrasonik HC-SR04 untuk mendeteksi ketinggian air, dan LCD untuk menampilkan nilai pH dan jarak. Sistem ini dikontrol oleh modul mikrokontroler Arduino Uno. Hasil pengujian menunjukan ketika jarak dari sensor ke permukaan air besar dari 5 cm, maka pompa 1 hidup secara otomatis untuk mengisi tempat minum ayam. Pompa 1 mati secara otomatis ketika jarak sensor ke permukaan air pada tempat minum ayam sebesar 5 cm. Saat pH yang didapatkan 7,8 maka motor dc dan pompa 2 hidup secara otomatis untuk menguras air minum ayam. Setelah 17 s maka motor dc dan pompa 2 akan mati.

Keywords


Pembersih tempat minum ayam, Sistem otomasi, Sensor E201-C

Full Text:

PDF

References


Anggorodi, R., 1985, Ilmu Makanan Ternak Umum, PT gramedia , Jakarta.

Akroma, A.,2014, Rancang Bangun Penguras Dan Pengisi Tempat Minum Ternak Pada Peternakan Bebek, Skripsi, Teknik Elektro, Universitas Brawijaya, Malang.

Fitriastuti, F. dan Prasetyo, A. A., 2013, Sistem Otomatisasi Pemberian Air Minum Pada Ayam Ternak, Conference Paper, Universitas Janabadra.

Nawali, E. D., Shompie, S. R. U. A. dan Tulung, N. M., 2015, Rancang Bangun Alat Penguras Dan Pengisi Tempat Minum Ternak Ayam Berbasis Mikrokontroler Atmega 16, Vol.4, No.7, E-Journal Teknik Elektro dan Komputer, hal. 25-34.

Novitasari, A. T., 2017. Rancang Bangun Alat Penggantian Air dan Pemberian Pakan secara Otomatis pada Akuarium Ikan Hias Berbasis Mikrokontroler, Skripsi, Teknik Elektro, Universitas Negeri Semarang.

Yuwanta, T., 2010, Dasar Ternak Unggas, Kanisius, Yogyakarta.

Yose, R., 2006, Ilmu Nutrisi Unggas, Andalas University Press, Padang.




DOI: https://doi.org/10.25077/jfu.10.4.499-503.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Published by:

Departemen Fisika, FMIPA Universitas Andalas

Kampus Unand Limau Manis Padang Sumatera Barat 25163

Telepon 0751-73307

Email:jfu@sci.unand.ac.id